Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Satu Apel Sehari Membuat Otot Jadi Lebih Muda

Satu Apel Sehari Membuat Otot Jadi Lebih Muda

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Senin, 21 Desember 2015


Mengonsumsi satu buah apel satu hari dapat mencegah penuaan dengan cara mencegah kelemahan otot pada orang tua, berdasarkan sebuah penelitian medis baru.

Sebuah bahan kimia yang ditemukan dalam kulit apel dapat mengubah otot orang tua menjadi otot orang dewasa muda setelah dua bulan perawatan, menurut klaim para ilmuwan dari Universitas Iowa.

Mereka mengatakan, baik kulit apel maupun tomat hijau memiliki sifat kimia alami yang bisa memutar waktu otot tua yang lelah menjadi lebih muda. Para peneliti berharap, terapi baru ini bisa menargetkan pensiunan dan orang dewasa yang lebih tua lainnya agar mereka tetap bugar dan bisa aktif lebih lama.

Penyusutan otot di usia tua disebabkan oleh protein ATF4 yang mengubah pembentukan gen, yang membuat otot kekurangan protein yang dibutuhkan otot agar tetap kuat, mencegah hilangnya massa dan kekuatan otot.

Ada dua senyawa alami yang berkhasiat mengurangi aktivitas ATF4, ungkap para ilmuwan dari Universitas Iowa yang dilaporkan dalam Journal of Biological Chemistry. Salah satu senyawa tersebut adalah asam ursolat yang ditemukan dalam kulit apel.

Senyawa lainnya adalah tomatidine, berasal dari tomat hijau, ungkap Christopher Adams, penulis utama dalam studi ini.

Dia berkata, “Berdasarkan pengalaman sendiri, kita tahu bahwa kelemahan otot dan atrofi (pengecilan dan penyusutan jaringan otot) adalah masalah besar yang kita alami ketika kita menjadi lebih tua.” Masalah ini, memiliki dampak besar pada kualitas hidup dan kesehatan seseorang.

Tes awal pada tikus yang usianya lebih tua menunjukkan, asam ursolat dan tomatodine secara dramatis mengurangi kelemahan otot yang berhubungan dengan usia dan atrofi. Selain itu, juga meningkatkan massa otot sebesar sepuluh persen dan ‘kualitas otot’ sebesar 30 persen setelah dua bulan saja.

Adams menambahkan, berdasarkan hasil tersebut, asam ursolat dan tomatodine berpotensi memperbaiki kelemahan otot dan atrofi dalam proses penuaan.

(CNN-Indonesia/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global