Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » 6 Masalah Kesehatan Umum Tahun 2015

6 Masalah Kesehatan Umum Tahun 2015

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Senin, 21 Desember 2015


Masalah kesehatan memang selalu menjadi topik pembicaraan yang panjang. Dalam beberapa dekade, penyakit selalu menjadi teror yang berada dekat dengan setiap orang. Tahun ini, setidaknya terdapat enam penyakit yang meresahkan kesehatan masyarakat secara umum.


1. Aktivitas fisik dan nutrisi

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah penyakit tertentu, seperti kanker, jantung, diabetes, meringankan depresi dan juga meningkatkan mood. Pada umumnya aktivitas fisik mulai menurun ketika kita telah mencapai usia lanjut, walaupun beberapa orang usia lanjut masih melakukan berbagai aktivitas fisik.

Seperti halnya olahraga, perhatian kita terhadap makan juga akan semakin menurun. Padahal makanan adalah jalur asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti isu kesehatan yang diusung oleh WHO (World Health Organization) di tahun ini adalah mengenai keamanan pangan. Selain menjadi jalur asupan nutrisi, makanan juga bisa menjadi jalur masuk penyakit dalam tubuh kita. Sehingga menjadi sesuatu yang penting untuk memperhatikan keamanan pangan yang kita konsumsi sehari-hari.


2. Obesitas

Berat badan yang berlebih atu dalam dunia medis dikenal dengan obesitas ternyata meningkatkan kemungkinan terjadinya hipertensi,diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, stroke,penyakit kandung empedu,osteoarthritis, sleep apnea, gangguan pernapasan,penyakit payudara, prostat, kanker usus besar, dislipidemia dan endometrium.


3. Tembakau

Tembakau yang saat ini lebih banyak dikonsumsi melalui rokok adalah penyebab terbesar kematian dini, setidaknya ini sesuai dengan catata kesehatan di Amerika Serikat. Mereka menyebutnya dengan

“Tobacco dependence disease” atau penyakit ketergantungan tembakau. Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika (The Centers for Disease Control and Prevention ) mengatakan bahwa perokok yang mencoba berhenti lebih berhasil ketika mereka memiliki dukungan dari dokter.


4. Penyalahgunaan obat

Penyalahgunaan obat yang dimaksud di sini adalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan alkohol. Sebuah masalah kesehatan yang masih mengakar pada kalangan muda. Seperti yang kita tahu ketergantungan akan obat-obatan terlarang dan alkohol dapat menyebabkan penyakit yang serius dan bahkan mampu menyebabkan kematian.


5. HIV/AIDS

Seolah-olah masih belum bisa terlepas dari bayang-bayang HIV/AIDS, antara tahun 1991 dan 1996, AIDS yang terjadi pada usia dewasa terjadi dua kali lebih cepat dari usia muda. Alasan utamanya adalah, dalam usia dewasa (sekitar usia 50-an) kebanyakan orang melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Padahal dalam usia ini, sistem kekebalan tubuh telah menurun. Gejala yang dimunculkan oleh penderita HIV pada usia ini seperti kelelahan, penurunan berat badan, demensia, ruam kulit, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala yang dimunculkan tersebut sangat mirip dengan gejala kesehatan usia lanjut.


6. Kesehatan mental

Kenal demensia? Demensia yang identik dengan kesehatan usia lanjut ini ternyata bukan penyakit yang disebabkan oleh penuaan. Demensia dapat disebabkan oleh penyakit,reaksi terhadap obat-obatan,masalah penglihatan, masalah pendengaran, infeksi, ketidakseimbangan gizi, diabetes, dan gagal ginjal.

Ada banyak penyakit demensia (salah satunya Alzheimer) dan beberapa penyakit bisa bersifat sementara, jika melakukan penanganan medis yang tepat. Masalah kesehatan mental yang akhir-akhir ini mulai populer adalah depresi. Jika tidak diobati, depresi dapat menyebabkan si penderita melakukan tindakan-tindakan yang berbahaya, termasuk bunuh diri.

Perihal penyakit, sebenarnya bukan hanya masalah kesehatan di atas saja yang harus kita wapadai. Di luar sana selalu ada ancaman kesehatan yang selalu mengintai kita. Pilihan bijak kita terhadap pola hidup, akan sangat berpengaruh pada kesehatan.

(Merdeka/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global