Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Cara Menanam Cabe Jawa Yang Berkhasiat Obat

Cara Menanam Cabe Jawa Yang Berkhasiat Obat

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Rabu, 23 November 2016


Sama nama dan rasa tetapi berbeda bentuk maupun jenisnya inilah cabe jawa dan cabe biasa yang kita kenal. Cabe jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia yang bisa di tanam di pekarangan, ladang dan sebagian masih tumbuh liar. Tanaman ini masih berkerabat dengan lada, kemukus, dan sirih.

Tanaman cabe jawa mempunyai ciri-ciri tumbuh memanjat, melilit atau melata, dan punya akar-akar lekat. Akarnya hampir sama seperti akar tanaman sirih atau lada. Untuk pertumbuhan tanaman ini membutuhkan tanaman yang cukup besar untuk melekatkan akar-akarnya.

Cara menanam tanaman ini bisa dengan cara stek, berikut langkah-langkahnya:
1. Cari pohon induk yang sehat dan sudah berumur lebih dari setahun, subur dan batangnya lurus tetapi tidak terlalu tua.
2. Potonglah cabang dengan pisau tajam sepanjang 30-40 cm atau memiliki 3-4 ruas. Buang sebagian daun untuk mengurangi penguapan. Olesi bagian bawah stek dengan zat pengatur tumbuh atau dengan cara di rendam dengan air kelapa 25 persen selama 12 jam.
3. Siapkan polobag yang telah di isi media semai yng berupa campuran tanah subur, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Tancapkan stek secara tegak ke dalam media sedalam 4-5 cm dan padatkan seputar pangkal stek.
4. Siram dengan air hingga lembab dan letakkan di tempat yang aman dan teduh.
5. Pindahkan ke kebun jika sudah berumur kurang lebih 5 bulan.

Perlu di ingat tanaman ini bisa menjulang tinggi mengikuti tingginya pohon yang jadi perlu pemangkasan agar tanaman ini tetap pendek dan produktif. Pemangkasan bisa di lakukan setelah tanaman mencapai ketinggian 1,5 meter kemudian lakukan pemangkasan lagi 3 kali dalam setahun. Pemangkasan bertujuan agar tanamam cabe jawa pendek dan memudahkan waktu saat panen tiba.

Tidak salah menanam cabe jawa di samping nilai jualnya tinggi cabe jawa juga mempunyai khasiat yang luar biasa di antaranya:

Untuk meningkatkan gairah seksual

Dengan cara ambil 30 gram cabe jawa yang sudah menjadi bubuk, 3 batang buah petai cina yang sudah menjadi tepung, 2 butir kuning telur, dan 1 sdm madu. Cara membuatnya ialah aduk kuning telur, masukkan cabe jawa dan tepung petai cina lalu tambahkan madu sambil di aduk sampai rata. Minum ramuan ini setiap hari niscaya gairah seksual akan bangkit.

Untuk mengobati sakit liver

Dengan cara ambil 3 butir cabe jawa, 1 jari tangan rimpang lempuyang dan air secukupnya. Cara membuatnya ialah campur cabe jawa dan lempuyang tumbuk sampai halus. Tambahkan air 1 gelas lalu peras dan saring. Minum sekali makan sebanyak 100 ml. Hentikan mengkonsumsi jika buang air besar sudah lancar.

Itulah cara budidaya tanaman cabe jawa, semoga bermanfaat

(Ngopy/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global