Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Waspada! Sering Makan Bakso, Berpotensi Penyakit Ini

Waspada! Sering Makan Bakso, Berpotensi Penyakit Ini

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Selasa, 18 Oktober 2016

Bakso

Makanan yang sudah menjadi favorit diantaranya Baso. Baso adalah makana khas indonesia yang terkenal enak, nikmat, gurih dan banyak disukai oleh banyak orang. Tidak hanya disukai oleh orang indonesia saja, namun juga disukai oleh mereka warga asing yang berkunjung ke indonesia.

Semua itu karena memang mereka merasakan sensasi rasa yang khas dan nikmat dari makanan yang berbentuk bulat tersebut. Makanan tersebut terbuat dari daging dan tepung yang dicampur, digiling, dan dibentuk menjadi bulat-bulat.

Namun demikian, hal yang harus diwaspadai ternyata ada beragam penyakit akibat terlalu sering makan baso. Dengan mengenal dan mengetahui beragam potensi masalah kesehatan itu, sebaiknya kita bisa sadar akan beberapa kemungkinan buruk yang ditimbulkan dari Makan Bakso, diantaranya :

1. Sakit Perut

Masalah kesehatan pertama atau penyakit akibat terlalu sering makan baso adalah sakit perut. Sakit perut ini adalah efek instan ketika kita makan baso dan biasanya disebabkan oleh banyak faktor tentunya.Hal yang biasanya menjadi faktor penyebab adalah terlalu banyak baso yang dimakan dan dicampur dengan beberapa bahan berbahaya lainnya seperti formalin. Selain itu, mencampur makan baso dengan terlalu banyak saos bisa menyebabkan perut menjadi sakit dan jika terus menerus, maka hal itu akan bisa berpengaruh cukup berbahaya lagi.


2. Tekanan Darah Rendah

Masalah lain yang menjadi penyakit dari terlalu banyak makan baso adalah tekanan darah rendah, Hal ini perlu diwaspadai oleh siapa saja yang memang sering mengkonsumsi makanan baso ini sehingga bisa membatasinya dengan baik. Tekanan darah rendah bisa ditandai oleh beberapa gejala tertentu misalnya pusing kepala dan yang lainnya. Selain itu, tekanan darah rendah juga bisa menyebabkan beberapa masalah lain yang memang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh anda sehingga bisa cukup berbahaya untuk kondisi kesehatan anda.


3. Kerusakan Ginjal

Apabila baso yang dikonsumsi itu tercampur dengan formalin, maka akang sangat mungkin untuk mendapati penyakit lebih parah. Penyakit yang lebih parah itu adalah kerusakan beberapa organ vital dalam tubuh kita, salah satunya ginjal. Seperti yang kita tahu bahwa ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengolah makanan dan yang lainnya. Apabila fungsi ginjal ini tidak berjalan dengan baik, maka akan ada masalah resiko kesehatan lainnya yang terjadi.


4. Kerusakan Susunan Sarap

Masalah kesehatan lain yang cukup berbahaya untuk kesehatan adalah adanya kerusakan pada susunan sarap. Susunan sarap sangat penting dalam mengelola semua sistem yang ada dalam tubuh manusia. Jika ada salah satu sarap yang terganggu, maka akan ada banyak masalah lain yang bisa menimpa sehingga kemudian akan mendapatkan beragam jenis gangguan pada fungsi organ. Organ bekerja berdasarkan sistem sarap, maka bisa dibayangkan apa yang terjadi jika ada kerusakan pada susunan tersebut.


5. Memicu Pertumbuhan Kanker

Menurut beberapa hasil penelitian, ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan zat kimia berbahaya biasanya bisa memicu pertumbuhan kanker. Pertumbuhan kanker itu bisa sangat cepat jika kita terlalu banyak makan makanan baso yang dicampur dengan pengawet formalin.Resiko itu akan lebih besar lagi ketika kita mencampur baso itu dengan makana berbahaya lainnya seperti mie instan yang juga memiliki beragam zat kimia berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan.


Baso memang enak dan nikmat, namun waspada jangan terlalu sering makan baso. Sebetulnya yang berbahaya bukan pada basonya, melainkan pada proses pembuatan baso yang terkadang menggunakan pengawet seperti formalin.

Hal itu banyak dilakukan oleh para pembuat baso, dan sebaiknya kita tahu akan hal itu. Pastinya, semua itu perlu dilakukan agar kita bisa menghindari penyakit akibat terlalu sering makan baso.

(Manfaat-Cara-Sehat/Warta-Kesehatan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global