Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Sleep Apnea (Ngiler) Sebabkan Banyak Gangguan Kesehatan

Sleep Apnea (Ngiler) Sebabkan Banyak Gangguan Kesehatan

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Jumat, 10 Juni 2016

Sleep apnea merupakan kelainan tidur

Sleep apnea merupakan salah satu gangguan tidur yang cukup berbahaya bila tak ditangani segera. Sleep apnea merupakan kelainan tidur yang ditandai dengan reduksi bahkan penghentian napas selama tidur. Dalam kondisi serius, tenggorokan bisa menutup aliran udara, sehingga membuat Anda tak bisa bernapas hingga 10 detik. Keadaan ini tentu saja sangat berpotensi mengganggu kesehatan. Biasanya, sleep apnea ditandai dengan adanya gangguan mendengkur.

Selain membuat kualitas tidur Anda terganggu, pada akhirnya gangguan sleep apnea ini bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti:

1. Tekanan darah tinggi. Penderita sleep apnea memiliki risiko tekanan darah tinggi lebih besar. Hal ini disebabkan oleh kadar oksigen yang menurun sehingga menyebabkan gangguan pada tekanan darah.

2. Mudah lelah di siang hari. Terbangun secara tiba-tiba saat tidur di malam hari akan menganggu kualitas tidur Anda. Orang yang mengalami sleep apnea akan merasa lebih sering mengantuk dan mudah lelah. Hal ini tentunya sangat menganggu kualitas hidup, apalagi ketika Anda sedang beraktivitas.

3. Gangguan hati. Pada penderita sleep apnea yang melakukan tes pada organ hati, cenderung memiliki hasil yang tidak normal. Kerusakan pada hati menjadi lebih sering terjadi pada penderita sleep apnea.

4. Penyakit jantung. Akibat sleep apnea, orang menjadi mengalami gangguan otot jantung. Kondisi ini disebut juga dengan subclinical myocardial injury. Bila dibiarkan tanpa ada penanganan khusus, keadaan ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, sleep apnea juga terjadi pada anak-anak, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Gangguan tidur ini akan semakin mudah terjadi bila terdapat obesitas, gaya hidup tak sehat seperti mengonsumsi alkohol, lingkar leher yang terlalu besar, gangguan jantung dan stroke.

(1-health/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global