Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Resep Soto lamongan Asli Sederhana

Resep Soto lamongan Asli Sederhana

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Kamis, 18 Juni 2015


Siapa yang tak kenal soto lamongan? Ya, soto khas dari daerah Lamongan, Jawa Timur ini cukup populer di Indonesia. Bahkan karena kenikmatan dan kesegaran soto lamongan ini, kini makanan ini tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Masakan soto lamongan ini biasanya sangat lezat disajikan selagi hangat pada cuaca dingin atau sedang hujan. Kelezatan soto khas Lamongan ini, tak lain dikarenakan racikannya terbuat dari bahan rempah-rempah yang berkhasiat yang luar biasa enak seperti Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning.
 
Soto lamongan sangat nikmat jika disajikan dengan tambahan kerupuk atau emping, dan juga sambal serta dimakan bersama dengan Ayam Kecap Nusantara. Bagi Anda yang menyukai masakan soto lamongan ini, kami akan membagikan resep soto lamongan untuk Anda semua. Sehingga, Anda tak perlu mencari warung makan yang menjual soto lamongan ini di daerah sekitar Anda. Anda cukup mempraktekkannya di rumah dengan mencoba resep yang satu ini. Langsung saja, ini dia resepnya!


Bahan / Bumbu :
  1. Bahan-bahan yang digunakan:
  2. 1 ekor ayam kampung (jika ada), lalu potong 4 bagian
  3. 1500 cc air
  4. 3 batang serai, memarkan
  5. 5 lembar daun jeruk, lalu buang tulang daunnya
  6. 1 sdt lada bubuk
  7. 1 sdm gula pasir
  8. minyak secukupnya
  9. 2 sdm garam atau sesuai selera
  10. Bumbu yang dihaluskan:
  11. 5 siung bawang putih
  12. 4 butir kemiri, sangrai
  13. 1 ruas jahe
  14. 10 siung bawang merah
  15. 2 ruas kunyit, bakar
  16. Bahan untuk membuat sambal soto lamongan:
  17. 10 buah cabai rawit merah
  18. garam secukupnya
  19. 4 buah cabai merah
  20. 2 siung bawang putih
Cara Membuat :
  1. Pertama-tama rebus air terlebih dahulu, lalu masukan ayam kampung potong tadi ke dalam panci berisi air dan rebus sampai mendidih.
  2. Ditempat yang lain, panaskan minyak dalam wajan, lalu tambahkan semua bumbu halus dengan serai dan daun jeruk. Tumis sampai tercium aroma wangi.
  3. Setelah itu, masukan tumisan tadi ke dalam panci rebusan ayam tadi.
  4. Tambahkan garam, gula dan lada bubuk, lalu masak sampai matang hingga daging terasa empuk. Setelah itu, angkat daging ayam. Sementara itu, matikan api air rebusan soto.
  5. Panaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng ayam, lalu masukan ayam dan goreng sampai berwarna kecoklatan, angkat ayam dan dinginkan, lalu suwir-suwir.
  6. Untuk membuat sambalnya, rebus semua bumbu seperti cabai merah, bawang putih dan cabai rawit merah sampai layu. Lalu ulek dan haluskan.
  7. Sajikan soto lamongan bersama keluarga dengan sambal yang sudah dibuat tadi.
Notes:
Resep soto lamongan sangat mudah dengan bahan-bahan yang kaya akan rempah-rempah, membuat soto lamongan sangat lezat disajikan bersama keluarga.
Nah, itulah Resep Cara Membuat Soto lamongan Asli Sederhana bagi Anda yang ingin memasak menu harian untuk hari ini. Selamat mencoba! (http://www.resepmasakanindonesia.me)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global