Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Seberapa Penting Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak?

Seberapa Penting Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak?

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Minggu, 14 Juni 2015

 
Ayah turut berperan penting dalam mengasuh anak (Foto:Getty Images)

Seperti yang sudah kita ketahui, peran ibu dalam mengasuh dan merawat anak sangat penting. Sayangnya, banyak yang melupakan bahwa peran Ayah juga tak kalah penting dalam pertumbuhan sang anak.

Pada umumnya, seorang ibu bertugas mengasuh dan merawat anak-anak di rumah, sementara ayah bertugas mencari nafkah. Rupanya, pola itu keliru. Ayah pun sebenarnya harus meluangkan waktu lebih banyak bersama sang anak demi tumbuh kembang anak.

Dosen dan psikolog dari Universitas Indonesia Rini Hildayani, M.SI , menjelaskan, menurut riset yang dilakukan, banyak hal positif ketika ayah dan anak melakukan aktivitas bersama.

"Sesungguhnya, ayah yang terlibat dalam pengasuhan anak, membuat anak toleran terhadap stres. Anak juga toleran dalam hal-hal yang membuat frustasi," terang Rini saat diskusi di Tribeka, Central Park, Jakarta Barat, Minggu (7/6/2015)

Tak cuma itu, ayah yang menemani anak dalam belajar juga secara langsung membuat perkembangan anak, terutama prestasi belajar, meningkat.

"Bahwa keterlibatan ayah dan anak lebih banyak melibatkan fisik. Anak bisa lebih berani, untuk aspek lainnya anak lebih ekplorasi. Terkait peran ayah, ayah punya tanggung jawab menyediakan keperluan anak, kebutuhan anak, dan membantu anak meraih prestasi," tambahnya.

Agar lebih terlibat dalam pengasuhan anak, ayah bisa memulainya dengan melakukan kegiatan sederhana, seperti menyanyikan lagu pengantar tidur, membacakan buku, mencium dan memeluk anak, atau menyediakan segelas susu sebelum tidur.

Ibu pun diharapkan mendukung dan memberikan kepercayaan kepada ayah untuk melakukan kegiatan bersama anak. Untuk tumbuh kembang yang optimal, orangtua diharapkan dapat bersikap positif, responsif, dan konsisten.

Ketiga aspek tersebut dapat membantu anak terhindar dari stres, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan anak.

(Source)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global