Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Hewan Aneh Jatuh dari Langit, Departemen Perikanan Minta Warga Tak Cemas

Hewan Aneh Jatuh dari Langit, Departemen Perikanan Minta Warga Tak Cemas

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Sabtu, 20 Juni 2015

Mulut ikan parasit Arctic Lamprey yang mampu menghisap darah dari inang yang ditempelinya

Sejumlah warga Fairbanks, Alaska, pekan lalu dikejutkan oleh hewan aneh yang jatuh dari langit dan tersebar di beberapa tempat di kota itu. Hewan tersebut adalah ikan mirip belut (Arctic Lamprey) bertubuh panjang lebih kurang 15 inchi atau sekitar 38,1 cm.

Dilansir Huffington Post, sejauh ini, sudah empat ekor ditemukan di Fairbank, satu di antaranya menggeliat-geliat di parkiran sebuah toko. Seekor lainnya ditemukan di halaman rumah warga tersebut.

Alaska Department of Fish and Game, badan perikanan setempat berusaha menenangkan warga yang keheranan untuk tidak perlu cemas. Sebab setelah dilihat, hewan itu adalah Arctic lamprey yang sudah berusia dewasa.

Arctic lamprey adalah ikan parasit misterius yang berasal dari Alaska. Hewan ini sangat jarang terlihat dan susah ditangkap karena biasanya hidup di lumpur sungai dan anak-anak sungai di seluruh negara bagian itu.

Bisa dimaklumi ada yang tak mengenal lamprey dan kaget dengan bentuknya.

Department of Fish and Game mencurigai hewan itu dijatuhkan oleh burung-burung camar yang membawa mereka dari Sungai Chena, tempat ikan berkembang biak.

Seperti dilansir Huffington Post, Arctic lampreys muda matanya buta, dan biasanya hidup dari menyaring mikro organisme di air. Tapi setelah dewasa mereka menjadi parasit yang menempelkan tubuhnya ke spesies ikan atau mamalia.


Untuk menempeli inangnya, ikan ini menggunakan mulut yang mampu menghisap, tidak berahang tapi penuh gigi. Dengan gigi itulah mereka melukai tubuh inangnya lalu menghisap darah.

Arctic lamprey ternyata enak dimakan. Apalagi bila sudah menempel di ikan salmon, rasanya akan bertambah lezat.

Para koki mengatakan ikan ini enak kalau dipanggang, dan mudah dimasak atau dimakan. Tulang cartilaginous akan lunak saat dimasak. (tribunnews.com)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global