Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Diminum Sebanyak Ini, Kopi Bisa Bantu Cegah Pikun Lho

Diminum Sebanyak Ini, Kopi Bisa Bantu Cegah Pikun Lho

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Minggu, 04 Desember 2016


Anda penggemar kopi? Studi ungkap jika dikonsumsi secara tepat minuman yang satu ini bisa bermanfaat bagi kesehatan lho. Salah satunya mencegah pikun.

Tim peneliti dari University of Coimbra, Portugal, menjelaskan bahwa konsumsi kopi sekitar tiga cangkir per hari membantu melindungi tubuh dari penyakit yang berkaitan dengan penurunan kognitif dan penuaan. Termasuk di antaranya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Ya, dalam jangka panjang konsumsi kopi dalam porsi sedang diyakini dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer hingga 27 persen.

"Perlindungan terbesar terhadap penurunan kognitif dapat dilihat pada mereka yang mengonsumsi sekitar 3-5 cangkir kopi per hari," ungkap peneliti Prof Rodrigo A. Cunha, seperti dikutip dari Times of India.

Kafein yang terdapat di dalam kopi merupakan agen anti-inflamasi serta antioksidan seperti asam caffeic. Ini merupakan antioksidan yang berkaitan dengan fungsi kognitif.

Selain itu, kopi juga diyakini dapat membantu menurunkan risiko multiple schlerosis dan cegah tulang keropos. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal peer-reviewed, yakni Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry mengungkapkan bahwa orang-orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari risiko multiple schlerosis (MS). Diyakini kandungan kafein juga punya efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang.

(Detik-Health/Portal-CBN/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global