Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » Bosan Dengan Kerjaan? Hati-hati, Kesehatan Otak Terancam

Bosan Dengan Kerjaan? Hati-hati, Kesehatan Otak Terancam

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Selasa, 21 Juni 2016

Ilustrasi stres. (Foto: Shutterstock/KieferPix)

Sebagai manusia yang masuk ke dalam usia produktif, tentu saja hari-harimu diisi dengan pekerjaan. Baik itu pekerjaan formal maupun informal. Pada awal mendapatkan pekerjaan tersebut, tentu kamu merasa bersemangat. Namun setelah dijalankan selama bertahun-tahun, adalah hal yang wajar jika kamu merasa bosan. Kebosanan ini ditandai dengan mandeknya ide dan perasaan malas untuk mengerjakan.

Bosan dengan kerjaan yang setiap hari kamu lakukan tak hanya mengancam produktivitasmu saja. Sebab kesehatan otak dan kemampuan otak untuk bekerja juga ikut menurun. Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk pun mengungkapkan hal tersebut.

"Kita semua pasti pernah merasa bosan dengan pekerjaan harian yang kita lakukan. Penelitian menemukan bahwa kurangnya stimulasi atau tantangan saat bekerja memiliki efek jangka panjang pada kesehatan otak," ungkap penelitian ini.

"Para psikolog mengatakan bahwa otak adalah otot. Dan saat tidak dilatih dengan baik lewat berpikir atau memecahkan masalah, maka kemampuan kognitifnya di masa mendatang akan berkurang."

Penelitian yang juga dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine ini menyarankan walaupun pekerjaanmu membosankan, kamu harus tetap mengasah otakmu untuk berpikir. Sebab otak yang tumpul tak hanya menurunkan kecerdasanmu namun juga bisa mengundang datangnya penyakit membahayakan sepeti Alzheimer atau demensia.

(Merdeka/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global