Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   

Entri yang Diunggulkan

8 Masalah Kesehatan Yang Muncul Dari Ruang Ber-AC

Berada di ruangan AC memang menyejukkan. Udara di luar yang sangat terik akan segera tergantikan dengan dinginnya ruangan. Namun kenyama...

Home » » 7 Hal yang Terjadi saat Berhenti Mengonsumsi Gula

7 Hal yang Terjadi saat Berhenti Mengonsumsi Gula

Posted by Hari Hari Sehat Bersama on Senin, 27 Juni 2016


Gula adalah bahan makanan yang memiliki fungsi memberikan rasa manis. Karena rasanya ‘menyenangkan’, maka penggemar gula bertumbuh dengan pesat. Tak hanya ditemukan dalam bentuk gula pasir, gula juga bisa kamu temui di minuman kemasan atau bahkan roti dan nasi putih yang biasa kamu konsumsi.

Karena memiliki bentuk yang bermacam-macam, maka tak jarang kamu merasa kesulitan untuk mengontrol konsumsi gula. Selain kegemukan, kamu juga bisa mengalami diabetes yang membahayakan. Oleh karena itu kamu pun wajib membatasi konsumsi gula dan mungkin berhenti mengonsumsinya.

Lantas, apa yang terjadi dalam tubuhmu saat kamu berhenti mengonsumsi gula?
1. Saat kamu membatasi konsumsi gula, di dalam tubuh terjadi pelepasan hormon yang disebut dengan kortisol. Pelepasan hormon ini bisa membuat kamu jadi tidur dengan nyenyak. Itulah sebabnya saat anak kecil mengalami sugar rush, maka dia sulit untuk tidur atau tenang.
2. Mengurangi asupan gula menyebabkan tekanan darah dan penurunan tingkat trigliserida tubuh berkurang. Kamu pun akan terhindar dari penyakit akibat kolesterol jahat.
3. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berjerawat dan mengurangi konsumsi gula, maka tingkat peradangan jerawat mereka juga akan berkurang.
4. Karena mengonsumsi banyak gula menyebabkan diabetes, maka mengurangi konsumsi gula bisa menghindarkanmu dari penyakit berbahaya ini.
5. Mengonsumsi gula mampu memberikan tambahan kalori. Semakin banyak kamu mengonsumsi gula, maka tumpukan kalori dalam tubuh juga akan bertambah. Oleh karena itu saat kamu mengurangi konsumsi gula, maka kamu juga bisa terhindarkan dari kenaikan berat badan.
6. Mengonsumsi gula secara berlebih bisa membahayakan sel-sel otak termasuk dengan menurunkan kemampuan untuk mengingat. Sehingga saat kamu berhenti mengonsumsi gula, maka sel otakmu tetap tajam dan fokus.
7. Meski memiliki rasa yang menyenangkan, terlalu banyak mengonsumsi gula ternyata bisa membuat mood atau suasana hatimu berantakan. Kamu juga akan jadi mudah marah dan merasa cemas. Oleh karena itu kurangi konsumsi gula untuk membuat suasana hatimu membaik.

Gula ternyata tak selamanya baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Oleh karena itu kurangi konsumsi gula dan dapatkan manfaat sehat di atas.

(Mahdi-News/Berbabagai-Sumber-Lain/ABNS)

SHARE :
Angkasa News Agency Global
 
Copyright © 2018 Hari Hari Sehat Bersama. All Rights Reserved. Powered by Angkasa News Agency Global